PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, MOTIVASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP STABILITAS KEUANGAN GENERASI Z

Authors

  • Nina Nor Fadilah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Author
  • Hwihanus Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Author

DOI:

https://doi.org/10.64788/ar-rasyid.v1i6.220

Keywords:

literasi keuangan, perilaku keuangan, stabilitas keuangan, Generasi Z, keuangan digital

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara Generasi Z dalam mengelola keuangan, khususnya melalui penggunaan layanan keuangan digital seperti e-wallet, mobile banking, dan paylater. Kemudahan akses transaksi tersebut tidak selalu diimbangi dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang  memadai, sehingga berpotensi memengaruhi stabilitas keuangan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, pengendalian diri, dan motivasi keuangan terhadap perilaku keuangan serta implikasinya terhadap stabilitas keuangan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 68 responden Generasi Z yang aktif menggunakan layanan keuangan digital, dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, namun tidak berpengaruh langsung terhadap stabilitas keuangan. Pengendalian diri dan motivasi keuangan tidak menunjukkan pengaruh signifikan baik terhadap perilaku maupun stabilitas keuangan. Selain itu, perilaku keuangan juga tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap stabilitas keuangan. Temuan ini mengindikasikan bahwa stabilitas keuangan Generasi Z lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti pendapatan dan gaya hidup digital. Penelitian ini menekankan pentingnya penguatan literasi keuangan yang aplikatif serta pengelolaan konsumsi digital untuk meningkatkan stabilitas keuangan generasi muda.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and

Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-

5978(91)90020-T

Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2),

296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x

Kapoor, J. R., Dlabay, L. R., & Hughes, R. J. (2018). Personal finance (13th ed.).

McGraw-Hill Education.

Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4),

370–396. https://doi.org/10.1037/h0054346

OECD. (2021). OECD/INFE 2020 international survey of adult financial literacy.

OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/1f6b5f75-en

Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan. OJK.

Pankow, D. (2012). Financial values, attitudes and goals. North Dakota State

University Extension Service.

Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-control predicts

good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success.

Journal of Personality, 72(2), 271–324. https://doi.org/10.1111/j.0022-

3506.2004.00263.x

Xiao, J. J. (2008). Applying behavior theories to financial behavior. In J. J. Xiao (Ed.),

Handbook of consumer finance research (pp. 69–81). Springer.

Yulianti, N., & Silvy, M. (2013). Sikap pengelola keuangan dan perilaku perencanaan

investasi keluarga di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 57–68.

Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan

pribadi. Jurnal Nominal, 6(1), 11–26.

Zahra, F., & Anwar, M. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan

terhadap stabilitas keuangan Generasi Z. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(3), 945–

956.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy:

Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.

https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Robb, C. A., & Woodyard, A. (2011). Financial knowledge and best practice

behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1), 60–70.

Setyawati, I., & Suroso, S. (2021). Financial literacy, lifestyle, and financial behavior

of Generation Z. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(6), 973–

985. https://doi.org/10.13106/jafeb.2021.vol8.no6.0973

Downloads

Published

2025-12-19

How to Cite

PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, MOTIVASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP STABILITAS KEUANGAN GENERASI Z. (2025). Ar-Rasyid: Jurnal Publikasi Penelitian Ilmiah, 1(6), 778-789. https://doi.org/10.64788/ar-rasyid.v1i6.220

Similar Articles

1-10 of 52

You may also start an advanced similarity search for this article.