PENGARUH LITERASI KEUANGAN, SIKAP KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, MOTIVASI KEUANGAN DAN PERILAKU KEUANGAN TERHADAP STABILITAS KEUANGAN GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.64788/ar-rasyid.v1i6.220Keywords:
literasi keuangan, perilaku keuangan, stabilitas keuangan, Generasi Z, keuangan digitalAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah cara Generasi Z dalam mengelola keuangan, khususnya melalui penggunaan layanan keuangan digital seperti e-wallet, mobile banking, dan paylater. Kemudahan akses transaksi tersebut tidak selalu diimbangi dengan kemampuan pengelolaan keuangan yang memadai, sehingga berpotensi memengaruhi stabilitas keuangan individu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, sikap keuangan, pengendalian diri, dan motivasi keuangan terhadap perilaku keuangan serta implikasinya terhadap stabilitas keuangan Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 68 responden Generasi Z yang aktif menggunakan layanan keuangan digital, dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan sikap keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan, namun tidak berpengaruh langsung terhadap stabilitas keuangan. Pengendalian diri dan motivasi keuangan tidak menunjukkan pengaruh signifikan baik terhadap perilaku maupun stabilitas keuangan. Selain itu, perilaku keuangan juga tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap stabilitas keuangan. Temuan ini mengindikasikan bahwa stabilitas keuangan Generasi Z lebih dipengaruhi oleh faktor eksternal seperti pendapatan dan gaya hidup digital. Penelitian ini menekankan pentingnya penguatan literasi keuangan yang aplikatif serta pengelolaan konsumsi digital untuk meningkatkan stabilitas keuangan generasi muda.
Downloads
References
Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and
Human Decision Processes, 50(2), 179–211. https://doi.org/10.1016/0749-
5978(91)90020-T
Huston, S. J. (2010). Measuring financial literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2),
296–316. https://doi.org/10.1111/j.1745-6606.2010.01170.x
Kapoor, J. R., Dlabay, L. R., & Hughes, R. J. (2018). Personal finance (13th ed.).
McGraw-Hill Education.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. Psychological Review, 50(4),
370–396. https://doi.org/10.1037/h0054346
OECD. (2021). OECD/INFE 2020 international survey of adult financial literacy.
OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/1f6b5f75-en
Otoritas Jasa Keuangan. (2022). Survei nasional literasi dan inklusi keuangan. OJK.
Pankow, D. (2012). Financial values, attitudes and goals. North Dakota State
University Extension Service.
Tangney, J. P., Baumeister, R. F., & Boone, A. L. (2004). High self-control predicts
good adjustment, less pathology, better grades, and interpersonal success.
Journal of Personality, 72(2), 271–324. https://doi.org/10.1111/j.0022-
3506.2004.00263.x
Xiao, J. J. (2008). Applying behavior theories to financial behavior. In J. J. Xiao (Ed.),
Handbook of consumer finance research (pp. 69–81). Springer.
Yulianti, N., & Silvy, M. (2013). Sikap pengelola keuangan dan perilaku perencanaan
investasi keluarga di Surabaya. Journal of Business and Banking, 3(1), 57–68.
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya literasi keuangan bagi pengelolaan keuangan
pribadi. Jurnal Nominal, 6(1), 11–26.
Zahra, F., & Anwar, M. (2022). Pengaruh literasi keuangan dan perilaku keuangan
terhadap stabilitas keuangan Generasi Z. Jurnal Ilmu Manajemen, 10(3), 945–
956.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy:
Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44.
https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5
Robb, C. A., & Woodyard, A. (2011). Financial knowledge and best practice
behavior. Journal of Financial Counseling and Planning, 22(1), 60–70.
Setyawati, I., & Suroso, S. (2021). Financial literacy, lifestyle, and financial behavior
of Generation Z. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(6), 973–
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nina Nor Fadilah, Hwihanus (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









