PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN DAN PERSEPSI MANFAAT PENGGUNA E-COMMERCE TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Pada Guru SMA Negeri 1 Mangunjaya)
DOI:
https://doi.org/10.64788/ar-rasyid.v1i5.68Keywords:
Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Perilaku Konsumtif, E-Commerce, Ekonomi IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dampak persepsi kemudahan dan persepsi manfaat terhadap perilaku konsumtif pengguna e-commerce di SMA Negeri 1 Mangunjaya, dengan menggunakan perspektif ekonomi Islam. E-commerce telah berkembang pesat, terutama selama pandemi COVID-19, yang berdampak pada peningkatan jumlah pengguna di Indonesia. Fasilitas dan keuntungan yang ditawarkan oleh platform e-commerce memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda untuk menganalisis data yang diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 60 guru. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa persepsi manfaat memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif, sementara persepsi kemudahan menunjukkan pengaruh positif meskipun tidak signifikan. Persepsi manfaat, seperti efisiensi waktu dan biaya, terbukti mendorong konsumen untuk lebih aktif dalam berbelanja online. Sebaliknya, meskipun kemudahan penggunaan e-commerce penting, pengaruhnya terhadap perilaku konsumtif tidak cukup signifikan. Berdasarkan hasil ini, disarankan agar kebijakan e-commerce lebih memperhatikan prinsip ekonomi Islam dengan mengutamakan transaksi yang adil dan tidak berlebihan, menghindari perilaku konsumtif yang tidak sesuai dengan kebutuhan.
Downloads
References
Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Alfabeta.
Davis, G. B. (2016). Kerangka Dasar Sistem Informasi Manajemen. Mexicom.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Istianingsih, D., Hararap, P., Susriyanti, L., & Ali, M. (2020). Pemanfaatan Teknologi E-Commerce dalam Era Digital: Sebuah Pendekatan Praktis untuk Pengusaha Indonesia. Jurnal Teknologi dan Bisnis, 15(3), h. 123-134.
Jogiyanto. (2019). Sistem Informasi Manajemen. Penerbit Andi.
Rusiadi, Subianto, Hidayat, N., & Rahmat. (2016). etode Penelitian: Konsep, Kasus, dan Aplikasi SPSS, Eviews, Amos, Lisrel. USUS Press.
Saputra & Susanti. (2022). Pengaruh Persepsi Manfaat dan Kemudahan Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater. Jurnal Manajemen, 6, h. 23.
Sekarini, D. M., & Sukresna, I. M. (2016). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Persepsi Nilai Pelanggan Sebagai Intervening (Studi Kasus Pengguna E-Toll Card Tahun 2015 Di Kota Semarang). E-Jurnal, 5, h. 3.
Sidik, M. (2021). Pengaruh Persepsi Manfaat terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna E-Commerce ShopeePay. Jurnal Psikologi Sosial, 8, h. 44.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Wahyuningtyas, Y. F., & Widiastuti, D. A. (2015). Analisis Pengaruh Persepsi Risiko, Kemudahan dan Manfaat Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal Psikologi, 4(1).
Wardoyo, W., & Andini, I. (2017). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Pada Mahasiswa Universitas Gunadarma. Jurnal Manajemen Dayasaing, 19(1), h. 12-26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Windi Widia Rahman, Nila Nopianti, Eris Munandar (Author)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









